Harga Kambing Sapera – Kambing Perah di Majalengka

Berapa harga seekor kambing Sapera? Harganya pun sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kelebihan dan kualitasnya. Namun sebelumnya ada baiknya Anda membahas apa itu kambing Sapera, apa saja kelebihannya dan bagaimana Sapera dapat membantu produksi susu di peternakan kambing.
Dilihat dari ciri fisiknya, kambing umumnya memiliki corak putih yang rapi. Ada juga kambing dengan corak hitam yang terlihat di sela-sela putihnya. Telinganya memanjang dan terkulai mirip dengan kambing etawa dan ras etawa (PE).
Berdasarkan pemanfaatannya, kambing Sapera mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak dan terjamin kualitasnya. Hal inilah yang membuat Sapera terkenal sebagai kambing perah. Meski begitu, perawakannya agak gemuk. memanfaatkan dagingnya masih sangat mungkin.
Seiring berjalannya waktu, jenis-jenis ras kambing perah di Indonesia semakin berkembang dan berkembang. Mayoritas dari kita sudah menguasai peternakan kambing perah etawa ras etawa (PE), Saanen, Anglo Nubian, dan tentunya Sapera. Oleh karena itu, berbagai jenis kambing mempunyai peluang untuk dilakukan perkawinan silang sehingga menghasilkan varietas yang lebih baik.
Apakah Anda tertarik untuk memperkenalkan Sapera super kualitas unggul ke peternakan? Informasi berikut ini akan sangat membantu untuk mengetahui lebih jauh tentang kambing Sapera.

Sapera Kambing itu, Mengenal Sapera Lebih Jauh

Keterjangkauan harga kambing Sapera memungkinkan mereka meningkatkan kuantitas dan kualitas susu kambing yang diproduksi di peternakan. Tidak diragukan lagi, Sapera merupakan salah satu jenis kambing perah dengan harga terjangkau namun merupakan salah satu ras unggul.
Kambing Sapera merupakan salah satu jenis kambing perah. Merupakan hasil persilangan antara kambing Saanen fullblood dengan kambing perah PE (ras Etawa). Dilihat dari indukannya keduanya merupakan kambing perah dengan ciri-ciri yang sama.
Saanen merupakan kambing perah berstandar internasional. Kualitas genetiknya sangat unggul, namun harga untuk mendapatkan semua darah asli Saanen masih mahal. Meskipun harga PE terjangkau, namun kualitas genetiknya tidak setinggi Saanen.
Keturunan kedua ekor kambing perah tersebut adalah Sapera. Hal ini memberikan semua keunggulan kambing Saanen, namun harganya lebih murah dibandingkan PE. Harganya yang terjangkau membuat kambing Sapera menjadi pilihan utama banyak peternak maupun individu yang fokus pada produksi susu kambing.
Untuk ciri fisiknya merupakan kombinasi yang menggabungkan Saanen dan PE. Jika tanduknya menjulur seperti kambing Saanen, telinganya terkulai seperti PE. Warna dominan Sapera adalah putih bersih di sekujur tubuhnya. Dia memiliki rambut pendek. Ukuran tubuhnya lebih tinggi dari PE dan lebih kecil dari Saanen.
Nah, itulah penjelasan awal untuk lebih memahami tentang kambing Sapera. Kambing Sapera. Langkah selanjutnya adalah mengkaji keunggulan dan keunggulan kambing Sapera yang merupakan salah satu pesaing utama di bidang kambing perah lokal harga murah.

Keunggulan Kambing Perah Sapera

Di Peternakan Gibas Barokah, Sapera diberikan pakan yang sangat baik. Mulai dari rumput hijau (rumput gajah) serta kacang-kacangan (kaliandra dan indigofera, lamtoro) serta konsentrat, ampas tahu dan memenuhi kebutuhan mineral.
Jika Anda merawat kambing Anda dengan perawatan dan nutrisi terbaik, Sapera diproduksi dengan kualitas terbaik. Berikut ini daftar keunggulan kambing Sapera jika perawatannya baik.
1. Memiliki Kualitas Susu Unggul
Keunggulan utama kambing Sapera adalah kualitas susu yang dihasilkannya. Produk susu kambing Sapera dapat digunakan untuk berbagai kegunaan. Mulai dari bahan baku pembuatan es krim keju, keju, campuran makanan, hingga mengarahkan konsumen.
Selain itu susu kambing Sapera menawarkan manfaat yang menguntungkan secara ekonomi bagi para peternak. Mereka dapat memenuhi kebutuhan susu sehari-hari bagi keluarga petani. Dan juga usaha jualan susu sapi yang menguntungkan.
Susu tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga memiliki rasa yang enak dan tidak berbau tengik. Bila masa laktasi pertama selesai dapat menghasilkan kurang lebih 2 Liter per ekor. Pada masa laktasi berikutnya, jumlahnya meningkat 3,5 hingga 4 liter per ekor!
2. Mudah Berkembang Biak
Selain itu, kambing Sapera juga mudah diternakkan. Dalam waktu 8 bulan setelah melahirkan, yaitu dalam 2 tahun, bisa terjadi tiga kali kelahiran. Mayoritas kambing bisa menghasilkan lebih dari satu ekor. Oleh karena itu, hal ini merupakan suatu keuntungan yang membawa manfaat tambahan bagi para peternak kambing.
Biasanya peternak akan menawarkan betina Sapera jantan untuk dijadikan kambing broiler. Ukuran kambing Sapera terbilang besar, dagingnya berton-ton jika dijadikan kambing perah. Untuk bayi perempuan pergilah ke susu.
3. Daya Tahan Yang Sangat Baik
Kambing Sapera juga mempunyai kekebalan yang luar biasa terhadap penyakit dan cuaca. Jadi sangat cocok untuk budidaya sapera di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, merawat kambing perah ini sangatlah sederhana. Meski begitu, beberapa hal seperti kecukupan gizi harus tetap dijaga.
4. Postur tubuh lebih baik dari PE
Keunggulan inilah yang menyebabkan kambing Sapera jantan cocok untuk diambil dagingnya. Hal ini disebabkan dagingnya yang lebih padat dan postur tubuhnya yang lebih baik dibandingkan dengan ras etawa. Saperasusu kambing
tina pengganti buat anda yang intoleran atau kurang mampu minum susu sapi, cocok juga untuk balita.
5. Harga kambing Sapera relatif terjangkau
Dengan banyaknya kelebihan yang disebutkan di atas mengingat banyaknya kelebihan yang dimilikinya, hampir sama dengan Saanen fullblood. Meski demikian, harga kambing Saanen ras asli masih mahal. Inilah mengapa Sapera menjadi pilihan ideal yang jauh lebih hemat. Harga kambing Sapera berdasarkan pada harganya. Domba Sapera sesuai dengan kualitasnya sebagai kambing perah.
Mutu dan Produktivitas Susu Kambing Sapera
Produksi susu kambing Sapera dalam sekali laktasi adalah 2 liter sehari untuk setiap ekor kambing. Sedangkan pada laktasi kedua produksinya bisa mencapai 4 liter per ekor. Jadi, sejak saat itu, produksi susu terbaik yang diharapkan tidak menjadi alasan untuk mengkhawatirkannya. Hampir sama dengan kambing Saanen yang produksi susunya pada siklus laktasi pertama ini rata-rata 3,8 L per ekor.
Kualitas kambing perah Sapera juga kaya akan nutrisi. Jumlah gizinya adalah protein, lemak kambing, karbohidrat kolesterol kambing, kalori Vitamin A Vitamin C, fosfor selain magnesium, kalsium, untuk asam amino. Kandungan proteinnya sebesar 3,6 persen, cukup tinggi dibandingkan susu kambing pada umumnya.
Dari penjelasan diatas terlihat dari penjelasan diatas terlihat bahwa kualitas dan khasiat susu kambing sapera sangat baik. Susu kambing mudah dicerna oleh tubuh, karena butiran lemak susunya lebih kecil dan homogen. Membawa kambing Sapera ke peternakan akan meningkatkan efisiensi dan kualitas hewan di peternakan.
Harga Kambing Sapera, Kambing Perah Cross Unggul
Kambing Sapera merupakan persilangan antara kambing darah asli Saanen dengan ras Etawa (PE). Selain itu, dari persilangan ini juga muncul Sapera dengan genetika yang lebih unggul dari kambing Saanen darah lengkap tersebut. Dan kambing Saanen kini menjadi salah satu kambing perah unggulan berstandar internasional.
Harga kambing Sapera tidak mahal, berbeda dengan kambing Saanen yang harganya mahal. Walaupun kualitasnya tentu tidak sebaik Saanen namun cukup untuk meningkatkan kualitas perawatan hewan tersebut. Lantas, berapa harga pasaran kambing Sapera di Indonesia?
Harga kambing Sapera betina yang sudah berumur lebih dari setahun harganya antara 4 hingga 6 jutaan. Jika Anda membayar sebesar itu, Anda akan mendapatkan kambing yang berkualitas. Kambing yang berkualitas baik memberikan banyak keuntungan bagi ternak.
Anda juga bisa membeli kambing Sapera dengan harga yang lebih murah. Namun perlu diberikan kelonggaran pada umur kambing yang belum dewasa misalnya anakan kambing Sapera maupun kambing Sapera disapih (sekitar 3 bulan).
Jual Kambing Sapera Bibit Asli di Gibas Barokah Farm
Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan kambing Sapera yang kualitasnya terjamin? Gibas Barokah Farm (GB Farm) yang berlokasi di Ngawi bersedia membantu kami menyediakan kambing dan domba terbaik dengan kualitas terbaik. GB Farm telah berpengalaman bertahun-tahun dalam menangani pembelian hewan ternak yang sehat dan seimbang bagi para peternak di seluruh Indonesia.
Untuk GB Farm kami menjamin kambing Sapera yang Anda beli sama bagusnya dengan yang disebutkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan dalam menjaga pakan khususnya pakan, GB Farm selalu memperhatikan keseimbangan nutrisi. Berikut alasan Anda memilih GB Farm sebagai wadah jual beli domba dan kambing berkualitas dengan kalimat jelas.
#hargakambingsapera #sapera #kambingsapera #kambingperah